TetekBesar

Nia Kurnia, gadis berusia 13 tahun yang berasal Subang, Jawa Barat, mengalami pembengkakan payudara atau giant mamae dysplasia. Kedua-dua payudara Nia membesar hingga sepanjang lengan.

“Payudara Nia membengkak hanya dalam enam bulan terakhir. Pembesarannya sangat cepat. Sekarang payudara yang kanan lebih besar daripada yang kiri,” ucap Imas, ibu Nia ketika ditemui di RS Cipto Mangunkusumo (RSCM).

Nia yang selama ini tinggal di Kampung Bojongloa mengaku tidak merasakan sakit ketika terjadi pembengkakan. Payudara yang membengkak ini membuatnya merasa berat untuk berjalan walaupun belum sampai membuatnya tidak masuksekolah. Nia lebih sering tidur sehingga bebannya terasa lebih ringan.

Sebelum ke RSCM, Nia telah menjalani pengubatan di tiga hospital di Subang dan Bandung. Bahkan, rumah keluarga di Bojongloa sudah dijual untuk membiayai pengubatan Nia. Namun, belum ada kemajuan dari penyakit yang dideritanya.

TetekHebat

Ketika diperiksa di RSUD Subang, doktor setempat tidak menemukan penyakit yang menyebabkan pembengkakan payudara Nia. Dokter kemudian merujuk Nia ke RSCM.

Di RSCM Dr Antaria mengatakan, sementara ini Nia akan menjalani rawatan. “Dia akan memeriksa kesihatan Nia secara menyeluruh meliputi cek darah, USG, mamografi, dan rontgen. Hal ini diperlukan untuk memastikan penyebab pembesaran payudara, sekaligus diambil tindakan yang tepat,” ucap Antaria.

Nia akan menjalani pembedahan pengecilan ukuran payudaranya. Tindakan ini akan dilakukan setelah ada pemeriksaan menyeluruh. Apabila melihat keadaannya, Nia diperkirakan tidak mengalami kanser ganas atau tumor ganas karena keadaan pesakit masih dalam keadaan sihat. “Berkemungkinan Nia mengalami masalah genetik,” kata Antaria lagi.